Apakah Penampilan Itu Penting? Simak Jawaban Ini

Saya sering berpikir, mengapa hanya karena penampilan, seseorang seringkali mendapatkan cemooh. Hanya karena seseorang begitu berbeda dengan masyarakat pada umumnya, seseorang mendapatkan perlakuan yang buruk. Tentang penampilan, bagi saya yang terpenting itu rapi dan bersih saja sudah cukup. Bukan mengikuti cara berpenampilan tren masa kini yang jika kita sendiri tidak menghendakinya atau malah terkesan ikut-ikutan. Jika penampilan seseorang membuat risih, dan Anda menyerangnya dengan komentar pedas atau buruk, apakah Anda tidak sadar bahwa komentar tersebut jauh lebih merisihkan orang yang menjadi korban komentar buruk tersebut?

Saya terkadang masih sangat kecewa dengan perlakuan orang-orang yang membedakan seseorang hanya karena penampilannya. Saya hanya ingin Anda memahami bahwa penampilan itu soal selera individu atau juga ada sesuai dengan ajaran-Nya, yang mungkin kita tak mengetahuinya. Sama seperti kejadian yang di bawah ini.

180bldtszsje3jpg

Seorang pengguna reddit, mengepos foto seorang wanita Sikh yang diambil dengan diam-diam, dengan diberi judul “Aku tidak yakin harus menyimpulkan apa wanita seperti ini.” Kebingungan pengguna reddit tersebut berasal dari fakta yang menyatakan bahwa wanita Sikh yang telah terikat oleh perintah ajaran agamanya untuk tidak boleh memotong rambut mereka ataupun mengubah tubuh mereka, mereka jadinya memiliki banyak rambut dan wajah rambut yang tak terpangkas. Ya, terdapat banyak rambut di wajahnya. Wanita Sikh memang sangat berani, percaya diri dan cukup saleh untuk tidak mengikuti standar kecantikan wanita barat (ekspektasi gender)

*Jawaban dari seorang wanita Sikh inilah yang membuat saya berdecak kagum dan bangga. Dia merespon foto yang telah diunggah pengguna reddit tersebut.

Halo semua, saya adalah Balpreet Kaur, seorang perempuan di foto tersebut. Sebenarnya saya tidak tahu tentang adanya keberadaan foto tersebut sampai teman saya memberitahu saya di Facebook. Namun, saya tidak merasa malu atau bahkan dipermalukan karena komentar yang positif dan negatif yang dilontarkan untuk foto tersebut. Ya, saya adalah seorang Sikh yang telah dibabptis dengan rambut di wajah.

Saya juga menyadari bahwa gender saya selalu membuat orang bingung karena saya terlihat berbeda dari perempuan kebanyakan.Namun, yang telah dibaptis Sikh percaya akan kesucian tubuh ini – adalah hadiah yang telah diberikan kepada kita oleh pribadi yang Ilahi dan harus tetap utuh sebagai kepatuhan atas kehendak Ilahi. Seperti seorang anak yang tidak menolak hadiah dari orangtuanya. Sikh tidak menolak tubuh yang telah diberikannya untuk kita. Kita pada dasarnya hidup dalam ego dan menciptakan keterpisan antara diri kita dan keilahian dalam diri kita.

Dengan melampaui pandangan masyarakat tentang kecantikan, saya percaya saya bisa lebih fokus terhadap aksi saya. Sikap dan pemikiran saya lebih bernilai dibandingkan tubuh saya karena saya menyadari bahwa tubuh ini pada akhirnya akan jadi abu, jadi buat apa ribut tentang hal itu? Ketika pada nantinya saya meninggal, mungkin saja tak ada orang yang dapat mengingat rupa saya sih. Anak saya akan lupa dengan suara saya dan secara perlahan ingatan akan fisik/penampilan akan lenyap begitu saja. Namun, pengaruh saya dan warisan saya akan tetap hidup. Dan lagi, dengan tidak memfokuskan diri saya pada kecantikan fisik, saya memiliki waktu untuk memupuk kebajikan batin dan fokus pada menciptakan perubahan dan kemajuan bagi dunia ini dengan cara apapun yang bisa saya lakukan. Jadi, menurut saya, wajah saya tidak penting, namun pentingnya senyuman dan kebahagiaan yang ada di balik itu semua.

Saya menghargai semua komentar yang positif dan kurang positif, karena dengan ini saya mendapatkan pemahaman yang lebih baik akan diriku sendiri dan orang lain. Dan juga, celana yoga ini cukup nyaman untuk dipakai dan kaos Better Together ini berasal dari Interfaith Youth Core, sebuah organisasi yang memfokuskan diri pada cerita dan keterlibatan antara berbagai keyakinan. Saya berharap dengan ini dapat sedikit menjelaskan segala sesuatu dan saya juga minta maaf karena telah menyebabkan kebingungan dan mengucapkan kata yang telah menyakiti Anda semua.

*Dengan respon seperti ini, pengguna reddit yang memposting foto tersebut langsung minta maaf pada Balpreet karena dia mengakui telah berlaku bodoh dan berpikir sempit sebelumnya.

Ada lagi nih, jawaban Mark Zuckerberg tentang penampilan, agak panjang, tetapi worth to read.

APA YANG SAYA SUKAI DARI PRISCILLA CHAN ISTERI SAYA?

Raut wajah seorang wanita adalah cermin hati sanubari seseorang, senyumnya memukau selamanya. Sejak hamil, Priscilla sama sekali mengabaikan perubahan yang terjadi pada raut mukanya akibat kehamilannya. Tetap berpakaian sederhana, tanpa dandan, namun kebahagiaannya saya rasakan sepenuhnya dan juga nampak kepada orang lain.

Saya mencintai kesederhanaan Priscilla. Saya mencintai penampilannya: bersemangat namun bijak, berani namun penuh kasih, berjiwa pemimpin namun juga bisa mendukung orang lain. Saya mencintai keseluruhannya. Saat bersamanya, saya merasa sangat nyaman dan santai.

Saya sama sekali tidak merasa Priscilla tersanjung kepada saya. Selain memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, dia juga memiliki kecerdasan emosi/sosial yang tinggi. Jangan lupa bahwa Priscilla adalah lulusan jurusan Kedokteran Harvard University. Anda bisa coba test masuk universitas tsb, jurusan Hukum, Kedokteran, Ekonomi adalah jurusan yang menjadi rebutan orang. Walaupun lulus test masuk belum tentu Anda bisa lulus penuh. Kalau mau dikatakan tersanjung, lebih tepat saya yang tersanjung kepada Priscilla, bukan sebaliknya.

Perkawinan ibarat sepasang sepatu. hanya yang memakainya tahu sepatunya nyaman dipakai atau tidak. Priscilla paling cocok buat saya. Saya dan Priscilla adalah pasangan yang paling ideal di bumi ini. Saya berkenalan dengan Priscilla saat mengantre di toilet. Di mata Priscilla, saya adalah seorang kutu buku. Ini adalah jodoh.

Di mata kalian, Priscilla adalah wanita yang tidak cantik. Namun di mata saya, ia adalah wanita cantik dan paling serasi dengan saya. Saya tidak bisa menahan diri memamerkan foto saya dengan Priscilla yang begitu berbahagia. Dalam foto nampak saya dan Priscilla begitu bahagia, damai, dan alami.

Tips bagi kalian: sebagian wanita hanya melihat keburukan orang lain, tidak melihat kecantikan orang lain. Dengan demikian, kebahagiaan akan meninggalkan kalian, tidak berjodoh. Sebab, apa yang ada dalam hati itulah yang ada dalam kenyataan.

LALU, TENTANG BAJU DAN MOBIL APA YANG SAYA PAKAI

Betul, sepanjang tahun saya memakai T-shirt abu2 dan mobil yang sangat sederhana. Saya tegaskan, saya bukan orang yang berhari2 tidak ganti baju. Namun, saya membeli banyak T-shirt berwarna abu2. Saya berusaha menjalani hidup ini sesederhana mungkin, supaya menghemat pikiran dan waktu memutuskan berbagai hal yang tidak penting. Sebab memilih memakai pakaian, makan pagi, dan berbagai hal kecil itu menyita cukup banyak waktu dan pikiran. Saya tidak ingin membuang waktu hanya untuk hal2 kecil tsb, sehingga saya bisa lebih konsentrasi melakukan berbagai hal yang lebih bermanfaat untuk masyarakat.

Saya memiliki tiga buah mobil, satu Toyota seharga USD 16 ribu, VW golf seharga USD 18 ribu dan Chevrolet TSX seharga USD 30 ribu. Setelah Facebook go public, saya ganti VW GTI seharga USD 30 ribu. Saya berpendapat, mobil hanya sebuah alat transportasi, tidak perlu yang mahal2.

Saya tidak memakai berbagai barang branded, yang penting saya merasa nyaman. Mengapa butuh barang2 yang berlebihan? Kalau yang menyangkut kebutuhan berlebihan, justru otak, perasaan sendiri lebih butuh diutamakan.

Kata bijak Chinese zaman dulu, ‘Manusia harus menaklukkan benda bukan ditaklukkan benda”. Maksudnya adalah, berbagai materi kehidupan untuk digunakan/dikendalikan manusia, bukan sebaliknya. Saya sangat setuju dengan pemikiran tsb.

Saya sangat salut ucapan yang pernah diucapkan Mandela, yaitu ‘Jiwa saya adalah pemimpin saya, nasib saya dikendalikan oleh diri saya sendiri’. Makanya saya tidak gila branded, tidak ada manfaatnya dan sangat tidak masuk akal.

Apa yang ada dalam hati itulah kenyataan yang ada di dunia. Percayalah bahwa dunia ini adalah alam semesta yang indah, jika Anda tidak percaya, Anda tidak akan bisa memiliki dunia/alam semesta yang indah. Tidak akan memiliki kehidupan yang indah dan penuh kedamaian. Hal tsb di atas merupakan keyakinan saya dan Priscilla.

Akhir kata, bila ada yang tidak berkenan, mohon petunjuk! Anda bisa tinggalkan pesan untuk saya. Terima kasih telah luangkan waktu mendengar yang saya sampaikan.

Terima kasih.

Salam,

Mark Zuckerberg 

***

Bagaimana? Respon Balpeert cukup mencengangkan, bukan? Kalau saya sih berpikir, jangan hanya karena penampilan seseorang kita menambah dosa dengan mengatai ataupun mengolok-olok orang tersebut. Buang-buang kata saja, lebih baik kuota dalam berkata-kata digunakan untuk menungkapkan hal yang baik dan positif. Setuju kah Anda?

Tanggapan Mark terhadap para komentator pun sangat bijak dan apa adanya.

Is that all clear enough for you?

Referensi : http://jezebel.com/5946643/reddit-users-attempt-to-shame-sikh-woman-get-righteously-schooled  |  https://en.wikipedia.org/wiki/Women_in_Sikhism  |  http://blog-berita24jam.blogspot.co.id/2016/02/nangis-bacanya-ini-lah-curahan-hati.html

Leave a Reply

