Apakah Sukses Itu Artinya Kaya?

Saya ingin menjadi orang yang sukses, orang yang berhasil, orang yang kaya. Tunggu. Seringkali kita mendengar bahwa sukses itu sama dengan kaya secara materi. Oke, umumnya, ketika kita bertemu dengan kerabat yang kaya raya, mungkin beberapa orangtua akan mengatakan yang kurang lebih seperti ini: “Wah, dia masih lumayan muda uda sukses ya” “Hebat banget ya si Budi, uda pinter terus sukses lagi”.

Hayo, ngaku siapa yang berpikir bahwa sukses itu yang nggak jauh-jauh dari kaya akan materi? Sebenarnya, saya sering ragu jika tiba-tiba pikiran saya bertanya dengan sendirinya, “Eh, menurut kamu sukses itu apa sih?” Saya tidak sengaja menemukan quote ini di sebuah situs web. Bagi saya, kutipan di bawah ini adalah jawaban yang sangat akurat mengena di lubuk hati saya.

“There are some things success is NOT. It’s not fame. It’s not money or power. Success is waking up in the morning so EXCITED about what you have to do that you literally fly out the door. It’s getting to WORK WITH PEOPLE you LOVE. Success is connecting with the world and making people feel. It’s finding a way to bind together people who have nothing in common but a DREAM. It’s falling a sleep knowing you did the BEST JOB you could. Success is joy, and freedom, and FRIENDSHIP. And success is love.” ~ Allison Burnett

Sukses itu bukanlah ketenaran, juga bukan perihal uang dan kekuasaan. Sukses itu dapat bangun di pagi hari dengan semangat akan melakukan sesuatu yang kamu kehendaki. Dapat bekerja dengan orang-orang yang kamu kasihi. Sukses itu membuat dunia terhubung dan membuat orang-orang dapat merasakan sesuatu yang menyenangkan. Dapat menemukan orang-orang yang tidak memiliki kesamaan sama sekali kecuali mimpi. Dapat tidur lelap dengan mengetahui bahwa Anda telah melakukan pekerjaan yang bisa Anda lakukan dengan upaya yang terbaik. Sukses itu sukacita, kebebasan, persahabatan dan cinta.

Persoalan memenuhi kebutuhan yang seringkali dijadikan alasan untuk orang-orang yang mengatakan alasan untuk sukses. Saya lebih memilih mendapatkan apa yang saya butuhkan. Bukan mendapatkan apa yang saya inginkan tetapi tidak saya butuhkan sama sekali, yang ada hanya mubazir.

Nah, quotes Om Allison mengena di Anda juga nggak?

Leave a Reply

